Monday, January 22, 2007

Di Balik Paha Kambing

Kali ini jagomakan ketiban sampur jadi asisten fotografer. Capek ? Iyalah..
Eh ..tapi seneng juga sih. Soalnya ada budget buat makan enak di luar…he..he

Ini sebenarnya behind the scene, critanya kita lagi pemotretan model untuk edisi Imlek. Mengambil lokasi di Kelenteng Hong Tie Yan di jalan Dukuh. Kelenteng ini termasuk tertua di Surabaya. Bersama Sherly si model, si jagomakan kebagian tugas menjadi asistennya Muks’s si fotografer. Jagomakan jadi asisten fotografer ? Kedengerannya pekerjaan keren ya ? Mau tau tugasnya :
Tukang bawa tripod ama backdrop, bawain kostum model yang jumlahnya empat biji, tukang ngapusin keringet di wajah model, nyisir rambut, jagain properti model (tas, hp, dompet ), tukang ngusir orang-orang sekitar (takut masuk frame) he..he kayak Hansip khan, tapi aku nggak bawa pentungan.

Cuaca yang terik tiba-tiba tertutup awan mendung, akhirnya kita pindah lokasi ke indoor. Bukan kasihan modelnya kehujanan, tapi sayang kamera-nya kalau kena air (hi..hi..)

Nah, the best part dari sesi pemotretan. Apalagi kalau bukan acara makan –makan bareng model. Karena lokasinya deket Ampel alias Kampung Arab, tiba-tiba aku jadi pengen nasi kebuli. Eittt…, tunggu dulu, Sherly kira-kira keberatan nggak, soalnya dia ngaku nggak pernah makan nasi kebuli. “Tapi aku suka makan daging kambing kok,” katanya. Udahlah, akhirnya diputuskan makan di resto Jumbo di daerah Ampel.

Penampilan Sherly yang tinggi, putih dan wajah yang oriental menarik perhatian orang-orang yang kebetulan makan. Sedangkan penampilan jagomakan yang ginuk-ginuk membuat orang berguman.”Wah… itu pasti bodyguardnya !” (nasibku..nasibku).
Seperti biasa, soal Pemilihan menu, Muk’s pasrah bongko’an sama si jagomakan. Wis terserah, poko’e enak !” Akhirnya pilihan menu jatuh ke : Paha Kambing Bakar, Paha Kambing Oven, Sop Marak, Roti Mariam, dan Nasi Kebuli. Pas pesenan dateng, langsung aja mo disamber “Sek…to di foto dulu,” kata Muk’s. Pemotretan berlangsung cepat, maklum sudah gelap mata mo makan.
Tu..wa ..ga…sikatttttttt !!!!

Dan apa yang terjadi sodara-sodara :

Ini pertama kalinya, aku makan daging porsinya buanyak” kata Muk’s
(Bukan karena nggak kuat beli daging, masalahnya si Muk’s ini memang nggak terlalu doyan makan daging. Nggak heran badannya cengkring)

Gila neh, daging kambingnya empuk banget. Kaya makan bebek,” kata Sherly yang ngabisin sendiri satu paha kambing. (Well..sodara-sodara, biar si Sherly punya badan tinggi dan body singset, soal makan ternyata lebih banyak dari si jagomakan).

Nambah boleh nggak… ?” kataku
(Wakakaka… tahu nggak responnya si Muk’s. Langsung nendang kaki –ku, sambil bisikin “Boleh, tapi kalau kurang bayarnya kamu tambain!” Wek’s...ilang deh nafsu nambah-nya.

Acara makan kali ini bener-bener istimewa, selain ada sesi rebutan paha kambing, awalnya pada malu mo ngambil, eh akhirnya malu-maluin maklum-lah tinggal sepotong. Akhirnya menghormati si tamu, dengan berat hati jagomakan melepas paha kambing itu ke tangan Sherly.

Akhir dari sesi behind the scene. Muk’s dan Sherly ngaku sedikit puyeng gara-gara kebanyakan makan kambing. Meski kekenyangan dan susah berdiri, tapi si jagomakan masih sempetin ngabisin satu bungkus kacang oven. “Habis nggak tega neh liat jajan nganggur…yeahhhh.”


9 comments:

  1. aduh pertama rek...deg-degan
    kalo namanya paha iku pancen enak koq apalagi yang diantara dua paha

    * Ngeres Made ON *

    ReplyDelete
  2. Tapi sumpah, daging kambingnya lembut bgt. Terpaksa deh, makan daging.....

    ReplyDelete
  3. saya ga suka kambing...

    ReplyDelete
  4. Mendol... fu fu fu fu.... aku sak iki onok hobi anyar, suit karo wong.. nek kalah mbayari mangan... gelem ta??? aku jago suit lhoo... fu fu fu fu...


    *guyune Tuk sak iki apik kan.. fu fu fu..

    ReplyDelete
  5. Wadoh say judulnya anker banget yehh kok penampakannya biasa2 ajah opo rasanya anker gethu jugah yach kek anker bir *Minuman*

    ReplyDelete
  6. Yaaa,... Iko gak doyan kambing.

    Menu selanjutnya bahas soal ikan yaaa....

    Mba La, jangan banyak2 makan kambing,.. nanti puaaannasss

    ReplyDelete
  7. Pengen paha kambing bakaaaarrrr, aduh laper aku dinegara yang kudatangi ini susah cari makanan spt itu

    ReplyDelete
  8. wedus maneh wedus maneh ...ampun ..dari tahun baru sampe saiki ketemu terusssssss ....

    ReplyDelete
  9. huhuh..

    masa kecli saya sering ke tempat bude saya.. di gang ampel mesjid nomer 30.. sekarang udah jadi toko..

    dulu kalo pas menjelang maghrib, sering ngeruyuk nasi kebuli yang dibagikan oleh panitia masjid ampel di belkakang mesjid (sebelum gerbang makam sunan ampel)..

    sekarang entah apakah tradisi bagi-bagi nasi kebuli itu masih ada...

    huhuhu..

    kangen....

    tp sekarang, ampel sudah kumuh.. :(

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...