Wednesday, October 18, 2006

Kacang Goreng Lorjuk..Dahsyat Men


Sebelum daku mudik ke Malang nih, mo posting satu cemilan yang lainnya plus fotonya Mamuk

Kalau ada kacang goreng ayam ala Masako, ada satu resep kacang yang ngga kalah dahsyat, yaitu KACANG GORENG LORJUK.
L
orjuk sejenis kerang yang biasa hidup di pantai pasir ini, biasanya kalau digoreng berwarna kecoklatan, rasanya gurih campur manis.Inilah salah satu makanan khas madura yang menjadi idola banyak orang. Menjelang hari Raya, lorjuk menjadi incaran ibu-ibu rumah tangga untuk disajikan sebagai hidangan. Lorjuk sangat disukai karena tidak saja rasanya gurih dan enak tetapi gizinya juga tinggi.

Selain digoreng lorjuk juga bisa di masak dengan aneka menu, bisa dibuat sambal goreng atau bothok. Lorjuk siap saji dijual dengan harga Rp 50 –Rp. 70 ribu. Lorjuk asli Madura bentuknya lebih kecil dibandingkan lorjuk dari Kenjeran. Lorjuk asal Madura sering dicari konsumen karena lebih gurih.

Bahan Kacang Goreng Lorjuk khas Madura.
-Lorjuk kering (siap beli), di Pasar Genteng, kalau mo murah lagi ya ke Kenjeran.
style="COLOR: rgb(153,0,0)">- Bawang putih iris tipis secukupnya. (Banyak sih tambah mantap)
Caranya : Kacang tanah goreng garing. Bawang putih goreng garing juga. Lalu di opyok bersama dengan lorjuk. Sederhana banget sih, tapi rasanya dahyattttt Men….. .


Wednesday, October 11, 2006

Empuknya Pohong Keju



Makanan yang satu ini, memang tidak sesuai kenyataan, lebih populer dengan sebutan POHONG KEJU, tapi begitu melihat tidak ada kejunya. Maksud keju di sini, kata penjualnya, bukan parutan dari produk susu olahan tersebut, tapi menggambarkan bagaimana empuk dan gurihnya singkong ini serasa seperti keju.
Rahasia membuatnya empuk dan gurih, yaitu diungkep dalam waktu lama bersama bumbunya, sehingga rasa asinnya meresap sampai ke dalam. Setelah diungkep lalu digoreng, karena empuknya, pohong ini merekah begitu digoreng. Begitu dimakan pohong langsung terasa kepyurrr...... di mulut.
Selain pohong keju, adapula pohong pedas, lagi-lagi kenyataanya agak meleset dari perkiraan, karena bukan pohong yang diungkep dengan bumbu pedas, tapi pohong goreng biasa disajikan bersama sambal sachet. Rasa sih biasa, namun cukup kreatif, dan patut dicoba bagi yang ingin variasi lain dari pohong goreng biasa.

Monday, October 02, 2006

Minuman Mak GRENG !!


Duh panasnya ? Giliran tiba buka puasa, paling sip, menikmati yang segar-segar. Gara- gara Dena jadi inget resep di Radio GIGA -spesial dari Hanata Catering dan untungnya lagi, ada fotonya Mamuk. Minuman satu ini bukan sembarangan. Karena, rasanya nggak hanya seger, tapi juga bikin GRENG !. Wow...!
Yaitu Selasih Siap Action. Apa sih istimewanya ? Bahannya memang sederhana tapi menggunakan campuran minuman ber-energi, bisa Hemaviton, Kratingdeng, atau Extra Joss. Wis tah, Monggo dicobi.
Bahan : Sirup Merah 2 sendok teh, Selasih (Biji kemangi ) secukupnya, Hemaviton 2 sachet, es Batu.
Caranya : Siapkan gelas berleher tinggi, masukkan dua sendok syrup merah. Tempat terpisah, siapkan dua sachet Hemaviton aduk dengan air matang. Lalu, masukkan ke dalam gelas, beri es lalu selasih.

Nb: Jika tahapan ini diikuti, maka tampak gradasi warna yang cantik di gelas, jangan diaduk deh, diliat aja ya. Rasanya, kecut, seger asliii bikin merem melek !