Tuesday, September 19, 2006

Di Sini Ada (Rawon) Setan









Menanggapi email Mamuk soal, Mana yang rawon setan beneran ? Ok, deh. Rawon Embong Malang sudah ada sejak 1953. Dirintis pertama kali oleh Musiyah. Sekarang ada dua orang pengelola rawon setan. Yaitu Bu Mulyadi (Bu Sup) dan Mbak Endang. Musyiah ini adalah nenek dari Mbak Endang, dan Bu Mul adalah mantunya. (dadi tasih sedulur ). Sejarah rawon Embong Malang, ternyata sudah ada sebelum dibangun hotel Marriott yang letaknya bersebrangan. Trus kenapa disebut Rawon Setan ? Jangan-jangan setannya itu yang bikin laris ? Ternyata bukan itu lho !. Sebelum berstatus setan, nih rawon malah dijuluki rawon Hostes !
“Jaman nenek, yang beli adalah pengunjung kafe dan bar-bar yang banyak bertebaran di daerah ini," jelas Endang. Kini julukannya berbeda karena bukan tengah malam maka orang menyebut rawon setan
.
Padahal si Anton moto-in rawonnya juga tengah malam, jadi he..he masa sama seh ?
Yang lagi seru nih, dua sedulur ini ternyata berseteru, dan membuka sendiri rawon setan versinya masing-masing. Mbak Endang, setahuku ada, di Jalan HR Mohhamad dan Genteng Kali, kalau Bu Mul buka di Jemursari ( pas pembukaan sebenarnya diundang sih, tapi sayang nggak bisa datang). Mereka jelas berdua jelas-jelas perang terbuka lho, di spanduknya aja tertulis “RAWON SETAN ASLI , RAWON SETAN TIDAK BUKA CABANG dll….
Jadi, Anda pilih setan (rawon ) yang mana ?


10 comments:

  1. akhirnya, "naik cetak" juga ulasan ini. Lega, meski ga seberapa suka rawon.

    ReplyDelete
  2. Tau rawon setan pertama kali dr acara Wisata Kuliner di TV. Sruupp....langsung deh ngiler pengen ngerasain enaknya. Sayang tempatnya jauhhh :( Thx liputannya ya mbak. Tapi sayang juga ya klo pewarisnya berseteru gitu :(

    ReplyDelete
  3. Mbak Hanum, dah nyobain belum ?. soal citarasa, keduanya masih "Nendang" kok, apalagi potongan dagingnya tetep GeDe.

    ReplyDelete
  4. Anonymous8:31 AM

    kalo aku setuju bgt tuh nama rawon setan... tp bkn krn bukanya malam hari. nama itu sangat pas pas dan kita baru sadar ketika kita uda slese makan n nunggu mbak kasir yg ketus n cuek bilang harganya... baru deh kita bilang SETAAAANNNN.... rasa n harganya bener2 gak sesuai...

    ReplyDelete
  5. Anonymous3:03 PM

    saya coba makan di kemang di sebelah tea addict kemaren dan menemukan lalat di dalam rawon iga saya.kapok saya kesini lagi

    ReplyDelete
  6. Anonymous11:11 PM

    paling enak rawon setan di jalan sabang menurut saya. ayam penyet dan rawon iga nya superr wenakkk

    ReplyDelete
  7. paling enak makan rawon di embong malang dung...
    kn rawon setan mbak endang bukan termasuk kluarga...
    jdii kalo ada rawon setan mbak endang yang ngaku2 cabang embong malang itu semua hanya FIKTIF belaka alias bohong!
    rawon setan adanya ya di jalan embong malang depan JW MARRIOT..orang surabaya asli pasti tau..
    lagian terbukti dg kunjungan pak wapres kita JUsuf Kalla...beliau sendiri lo yang pengen..
    coba aja rasakan sendiri bedanya..
    Lidah emang gag bisa bo'ong!

    ReplyDelete
  8. Anonymous11:49 PM

    rawon setan saya di traktir temen saya makan 2 minggu lalu di belakang jakarta theatre, jalan sabang, saya mencoba nasi krawu dan iga penyet nya. luar biasa rasanya. nagih bener setiap kali kesana. edyan..enak

    ReplyDelete
  9. Anonymous11:04 PM

    rawon setan saya menyobanya 3 hari yang lalu bersamaan dengan buka puasa di jalan Sabang di depan bank BCA. rame sekali dan saya mencoba rawon iganya, memang top markotop. rasa rawon setan yang paling asli di jakarta ya saya rasa di jalan sabang.mencoba makan di bsd dan di fatmawati gak enak. ngerawon lagi ah.wuenake pool rek

    ReplyDelete
  10. Anonymous10:15 PM

    rina mencoba rawon setan mbak endang disaat malam takbiran di jalan sabang, dan nyobain rawon iga dan ayam penyetnya. endanggggggg tenan toh yo. wis, sambel ne pas, es kelapa muda ne top. sesok arep nang sabang meneh ah. nyobain yang di kemang ora enak.

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...